5 Pengertian Seni Musik Menurut Ahli

Pengertian Seni Musik Menurut Ahli

Berikut ini adalah pengertian seni musik menurut para ahli.

1. Banoe

Musik berasal dari kata muse yang merupakan salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno yang mengurusi cabang seni dan ilmu, dewa seni serta ilmu pengetahuan. Beliau juga berpendapat bahwasannya musik ialah cabang seni yang membahas berbagai suara ke dalam beberapa pola-pola yang dapat dipahami dan dimengerti pendengarnya.

2. Jamalus

Seni Musik merupakan sebuah hasil karya seni yang dituangkan dalam bentuk bunyi dan lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran serta perasaan pencipta lagu tersebut. Dengan melalui unsur-unsur pokok musik antara lain harmoni, irama, melodi, dan struktur lagu serta ekspresi sebagai sebuah kesatuan.

3. Sylado Syalado

Berpendapat bahwa bahwa seni musik merupakan wujud hidup dari berbagai kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik dengan nada yang menjiwai dapat menggerakkan hati para penikmat musik tersebut.

4. Lexicographer Lexicographer

Merupakan seorang ahli kamus dan beliau berpendapat bahwa seni musik ialah kombinasi nada, vokal, serta instrumental yang mempunyai harmoni guna mengekspresikan segala sesuatu hal yang mempunyai sifat emosional.

5. Suhastjarja

Pengertian seni musik menurut Suhastjarja, seni musik mengungkapkan rasa keindahan dalam jiwa seorang manusia dan diwujudkan dalam bentuk nada atau bunyi sehingga dapat menciptakan ritme dan harmoni.

Dari beberapa pengertian seni musik diatas, dapat disimpulkan bahwa seni musik adalah suatu karya seni yang timbul sebab dari ekspresi perasaan manusia dengan melalui nada yang harmonis.

Komentar

Postingan Populer